Jumat, 15 April 2011

Kisah Gayah

 
Cuaca cerah.awal hari yang baik untuk mulai mbak Gayah berdagang jamu gendong. Dia telah datang pagi-pagi menanti langganannya,ditempat dia biasa berjualan, di dekat pos satpam kantor kontraktor ditepi jalan, tak jauh dari kontrakannya. Tak lama datang pak Wawan,satpam kantor tersebut dari arah kantor..
“mbak Yah, saya mau jamu pegelinunya segelas dong.” Kata pak Wan saat mbak gayah menurunkan bakul dagangannya dari gendongannya. Sambil tersenyum dia segera menyiapkan jamu dan segera menyerahkan gelas yang telah berisi jamu pada pak Wawan.
“monggo, pak. Pundi sanesipun?”
“mbak Yah,jangan ngomong pake bahasa planet ah..nanya apa sih?”kata pak Wawan sembari menyesap jamunya diselingi seringai kepahitan.
“anu, yang lain mana. Apa belum pada datang pak?”Tanya mbak Yah.
“o.., iya.lha mbak gayah kan nggak biasanya datang segini pagi.”kata pak Wawan. “Itu tuh bu Dyas ama pak Woko.”lanjutnya sembari melihat kearah kedua teman kerjanya.
“wah..pagi sekali mbak Yah.”kata mbak dyas setengah teriak sembari jalan menghampirinya. Segera dia mengeluarkan gelas plastik bertutup yang biasa dia pakai untuk mewadahi jamu yang dia beli, dan menyerahkan ke mbak Yah.”biasa ya mbak, kunyit asem.”lanjutnya.
“aku beras kencur aja Yah.”kata pak woko.”lagi batuk-batuk ni.”
Mbak dyas tersenyum kearah pak woko dan berkata”pak Woko kayak anak kecil nih.minumnya beras kencur. Ntar nafsu makan lho..”
“ya nggak papa lah,toh nggak nafsu nambah istri.”sahut pak Wawan. Kemudian mereka semua tertawa.
“waduh, kok ada acara nambah istri, jangan lah pak. Nggak enak lho poligami.”sahut mbak Yah.”saya kan pernah dipoligami, dimadu. Makanya saya ke Jakarta, cari tambahan biaya hidup dan melarikan diri dari kesedihan. Tapi saya nggak cerai. Saya minta ijin sama suami mau jualan jamu.saya bilang, buat Bantu-bantu nambah penghasilan. Saya ngelingi anak, makanya saya nggak cerai. Kalo Cuma ngeboti ati saya sendiri, saya pengennya pisah aja.” Tutur mbak Yah panjang lebar.
“lho kan nggak haram to poligami. Katanya lebih baik dari pada selingkuh sana-sini.”sahut pak Wawan.
“wah,saya nggak tau pak Wan. Yang saya tau, trus saya rasakan itu..dipoligami itu sakit hatinya. Dikasi tau ama suami kalo dia mau nikah lagi aja rasanya udah koyo disamber bledeg. dierrrr!!!..apa lagi pas dia beneran kawin lagi. Sama tetangga saya sendiri lagi. Masih muda, kinyis-kinyis tapi ora iso opo-opo.manjanyaaa…minta ampun. Apa-apa dituruti.nganti utange bojoku banyak. Lha udah gitu males. Saya yang tiap hari ngurusin keperluan sekeluarga. Malah jadi kayak babunya. Akhirnya, saya diajakin tetangga saya ke Jakarta buat jualan jamu. Saya pikir, mungkin memang sebaiknya begitu. Saya bisa dapet duit buat tambahan uang sekolah anak, saya juga bisa nggak terlalu suntuk dirumah. Nggak lagi liat dia yang manja-manja sama suami saya, juga nggak dijadikan babu.” Runtut mbak gayah cerita.

“lha trus piye mbak?”Tanya pak Woko yang dari tadi menyimak.disampingnya mbak Dyas mengangguk mengiyakan. Pengen tahu kelanjutan cerita mbak Gayah.
“setelah saya pergi ke Jakarta, baru suami saya tau gimana rasanya ditinggal saya. Baru suami saya tau saya itu masih berharga. Istri mudanya yang kerjaannya Cuma manja-manja itu beneran nggak iso opo-opo. Pas disuruh ngerjain pekerjaan rumah, ditinggal macul disawah, pas suami saya pulang, ternyata dirumah belum juga ngerjain apa-apa. Suami saya marah sekali, pak. Sampai udah kejadian berkali-kali. Mana sama anak-anak saya galak minta ampun. Pernah nempeleng anak saya yang kecil.sampai berdarah. Akhirnya dia dicerai sama suami saya.”tutup mbak Yah diselingi wajah lega.
“lha kalo udah nggak ada madunya lagi kok mbak gayah nggak pulang?”Tanya mbak Dyas sembari membetulkan letak jilbabnya.
“Udah terlanjur keenakan dapet duit di Jakarta, mbak Dyas. Suami saya juga ngijinin. Makin anak saya besar, biaya sekolahnya kan makin mahal.”sahutnya sembari senyum.”lagian,kalo saya nggak jualan kan kasian para bapak dan ibu  disini. Nggak bisa minum jamu.”canda mbak gayah disambut tawa mereka berempat. Tak lama, datang pelanggannya yang lain, hingga tak terasa,dagangan jamunya telah habis. Tersenyum mbak Gayah menikmati kebahagiaan saat dagangannya tandas,bersama senyumnya mengenang kepahitan hidup yang telah berlalu.
 

3 komentar:

  1. buat teman2 moms di IRT,maaf sekali lagi. FF yang urung kuikutkan lomba kutempelin disini.maaf.kalo mau posting,ntar dicantumin kok siapa yang mosting.btw,itu tukang jamunya mukanya angelina jolie lho.,hehehehe

    BalasHapus
  2. mampir baca...btw, kenapa urung ikutan lombanya ?Padahal bagus ceritanya...:-)

    BalasHapus
  3. urung,soalnya jumlah kata melebihi kuota.hehehe

    BalasHapus